1.21.2010

Arti Penting Kecerdasan Emosi dalam Berbisnis


Ternyata kecerdasan intelektual (IQ) bukanlah satu-satunya faktor yang menentukan kesuksesan seseorang. Faktor yang justru sangat menentukan sukses hidup seseorang adalah Kecerdasan Emosional (EQ). Daniel Goleman yang mempopulerkan kecerdasan emosional.
Menurut Daniel Goleman, penulis buku Emotional Intelligence, ada lima karakteristik dan kemampuan dalam kecerdasan emosional :


- Kesadaran Diri
Mengetahui yang dirasakan untuk memandu pengambilan keputusan diri sendiri, serta memiliki tolak ukur yang realistis atas kemampuan dan kepercayaan diri.
- Pengaturan Diri
Menangani emosi sehingga berdampak positif kepada pelaksanaan tugas dan penyampaian suatu maksud, bereaksi secara proporsional terhadap suatu situasi, dan mampu dengan cepat pulih dari tekanan emosi
- Motivasi Diri
Menggunakan hasrat yang paling dalam untuk menggerakkan dan menuntut menuju sasaran, mengambil inisiatif, bertindak efektif, serta bertahan menghadapi kegagalan.
- Empati
Merasakan yang dirasakan orang lain, memahami presfektif mereka, menumbuhkan hubungan saling percaya, dan menyelaraskan diri dengan berbagai orang.
- Keterampilan Sosial
Menangani emosi secara baik, membaca situasi dan jaringan sosial, berinteraksi, memimpin, bermusyawarah, dan menyelesaikan perselisihan, serta bekerja sama


Referensi: dari berbagai sumber

No comments:

Post a Comment